Air Terjun Sekumpul atau Air Terjun Gerombong

Advertisement
Advertisement
Air Terjun dilihat dari atas sebelum menuruni tangga
Kali ini adalah perjalanan menuju Air terjun Sekumpul atau Air terjun Gerombong yang berlokasi di Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, berjarak sekitar 80 km dari kota Denpasar atau sekitar 2 jam jarak tempuh dan sekitar 20 km dari kota Singaraja, karena letaknya di perbukitan maka sudah pasti akan melewati jalan tanjakan dan turunan dan berkelok-kelok tetapi tidak perlu kawatir karena jalannya sudah bagus dan ada juga beberapa ruas jalan yang rusak. Kebetulan lokasi Air terjun ini jaraknya dekat dengan Kampung saya Desa Tamblang, maka saya bersama teman-teman berangkat dari kampung yang jaraknya sekitar 7 km dan waktu tempuh kurang lebih 30 menit karna jalan yang seperti saya katakan tadi ada tanjakan dan turunan juga berkelok-kelok. Sebelum sampai dilokasi akan melewati beberapa desa seperti desa Bontihing, Desa Pakisan dan Desa Bebetin, kebetulan di desa Bebetin saya punya banyak teman maka saya juga minta tolong teman yang ada di desa Bebetin sebagai pemandu karena sudah tahu daerah lokasi air terjun.
Foto Dari atas Sebelum menuruni Tangga
Sesampainya di Bebetin bersama teman-teman langsung menuju lokasi kurang lebih lagi 1 km, jalannya lumayan terjal dan agak kecil tetapi mobil dan sepeda motor bisa lewat, setelah masuk jalan menuju lokasi air terjun, jalannya cukup kecil dan licin, sepeda motor tidak bisa langsung sampai di lokasi air terjun karena jalannya kecil, maka dari itu ada beberapa warga sana menyediakan jasa tempat parkir yang biayanya Cuma Rp. 2000,- saat akan masuk ke lokasi air terjun kita harus bayar Rp. 5000. Perjalanan dilanjutkan menuju lokasi air terjun jalannya sudah di buat tangga, namun setelah melewati tangga kita harus berjalan melintasi sungai aliran dari air terjun tersebut supaya bisa sampai di air terjunnya.
foto bareng teman-teman
Sesampainya di lokasi air terjun, suasananya sangat dingin karena airnya yang jatuh membuat menjadi seperti kabut dan hujan gerimis sehingga membuat basah pengunjung yang datang mendekati air terjun. Karena tidak tahu kondisi seperti tadi maka banyak yang tidak membawa pakaian ganti dan semua barang-barang basah seperti dompet, kamera dan lain-lain. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terdiri beberapa air terjun setidaknya ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan. Dari tujuh air terjun yang ada hanya dua air terjun yang bisa didatangi lebih dekat.  Uniknya, dua air terjun yang letaknya berdampingan tersebut memiliki ketinggian dan debit air berbeda.  Juga dua air terjun ini berasal dari dua sumber mata air yang berbeda, dimana air terjun di sebelah kiri bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan (yang lebih tinggi) bersumber dari sungai. Di musim hujan, air terjun di sebelah kiri tetap bening karena bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan akan berwarna coklat keruh.
Foto Air Terjun dengan Pelangi
Jika kamu beruntung kamu bisa melihat Pelangi di depan air terjun seperti yang saya abadikan lewat foto, sungguh pemandangan yang indah, setelah puas menikmati indahnya air terjun dan mandi maka kami memutuskan untuk kembali, tetapi ada yang membuat kami kurang nyaman, tidak ada bangunan toilet atau kamar mandi di sana untuk sekedar mengganti baju. Setelah sampai diatas kami lanjutkan dengan membeli makanan dan minuman karena disana sudah ada warga yang berjualan. Setelah itu kami pun lanjutkan untuk kembali pulang, mungkin hanya itu yang bisa saya ceritakan semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Air Terjun Sekumpul atau Air Terjun Gerombong"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih