Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan

Advertisement
Advertisement
Kali ini adalah perjalanan menuju air Terjun Tegenungan atau Air terjun Kemenuh yang terletak di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 30 km dari kota Denpasar dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Jalan menuju kesana sudah bagus, hampir tidak ada jalan yang rusak jalan menuju air terjun pun sudah di aspal. Selama perjalanan menuju kesana ada beberapa juga tempat menarik yang akan dilewati seperti pasar seni Sukawati tempat yang menjual barang-barang kerajinan seni secara tradisional dan ada juga akan melewati patung Bayi yang ada di pertigaan Sakah ketika akan menuju arah Kemenuh. Setelah melewati patung Bayi nanti di pinggir jalan akan banyak terdapat sawah dan juga usaha kebun yang menjual jenis-jenis tanaman dan rumput. Setelah masuk ke jalan yang lebih kecil di lampu merah maka akan ada hamparan sawah dan banyak pohon kelapa juga dan ada sungai kecil sebagai sarana irigasi sawah yang ada disana.

Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan


Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan
Patung Bayi di Pertigaan Sakah
Sebenarnya dulu saya juga sudah pernah kesini, saat itu jalan menuju lokasi air terjun masih rusak dan dalam proses pengaspalan, tetapi sekarang jalannya sudah bagus, tempat parkir mobil dan sepeda motor juga sudah rapi, dan saat akan masuk areal ari terjun anda harus membayar sekitar Rp. 2000 - Rp. 5000 yang jelas saya tidak tahu karena saya ke sana naik sepeda saya tidak kena biaya, dan saya juga lupa menanyakan berapa tarif masuk ke sana. saat itu saya tidak ada maksud dan tujuan untuk ke sini, dulu cuma iseng saja berkunjung karena kebetulan melihat Plangnya di jalan, sambil naik sepeda sendirian di pagi hari sekitar pukul 08.00 sudah sampai di lokasi dan suasana masih sepi dan dingin, itu saya lakukan di  tahun 2010 waktu itu saya naik sepeda saya yang berwarna kuning bernama Kuriu yang sudah hampir tiga tahun menemani saya waktu itu, tetapi sekarang Kuriu sudah tidak bisa jalan lagi karena rodanya tidak ada bannya. 


Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan


Pemandangan alam di sekitar Air Terjun Tegenungan cukup indah, dengan pepohonan yang hijau dan asri. Di dekat air terjun telah dibangun tempat pemandian dengan beberapa pancuran yang berasal dari mata air alami. Kalau Anda mau, Anda juga bisa mandi di sana. Pengalaman saya waktu kesana naik sepeda di pagi hari, jadi tahu waktu yang tepat untuk kesana, karena letak air terjunnya menghadap ke barat atau tepat dengan arah terbitnya matahari, maka di pagi hari akan sangat sulit untuk mendapat kan gambar yang bagus karena pancaran sinar matahari. Maka dari itu untuk kali ini saya datang di sore hari untuk bisa mengambil gambar lebih baik supaya tidak kena sinar matahari pagi.

Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan
Sisi kiri kanan jalan di penuhi pohon kelapa
Suasana sekarang berbeda, dulu waktu saya ke sana pagi-pagi masih sangat sepi, warung belum buka, tetapi kemarin saya ke sana, ternyata ramai sekali banyak penduduk lokal yang datang ke sana bersama teman-teman dan ada juga yang pacaran. Banyak juga bule yang datang kesana sekedar melihat air terjun, bahkan juga ada yang mandi. Mungkin saat ke pasar Sukawati mungkin bisa juga langsung datang ke sini, mungkin hanya untuk sekedar ambil foto, karena jaraknya tidak begitu jauh bisa di tempuh dalam waktu 15 menit. Tetapi yang saya pertanyakan adalah seberapa jauh para wisatawan mengetahui air terjun ini? apakah para tokoh masyarakat disini sudah pernah mempromosikan tempat ini? Sudahlah mungkin hanya itu yang bisa saya ceritakan tentang air terjun yang satu ini semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih. Maaf Foto-foto nya kurang bagus karena kameranya jelek.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Naik Sepeda ke Air Terjun Kemenuh atau Air Terjun Tegenungan"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih