Pura Taman Ayun Mengwi Badung

Advertisement
Advertisement
Candi utama untuk masuk Jeroan atau kawasan yang di sakralkan
Kali ini menyempatkan diri untuk datang ke Pura Taman Ayun Mengwi Badung, Pura ini sudah sangat terkenal bagi para wisatawan baik domestik maupun manca negara, ini merupakan yang pertamakalinya saya datang ke sini, padahal dulu sering melewatinya. Karna dari dulu ingin sekali untuk bisa datang ke sini, akhirnya saya pun menyusun rencana untuk bisa mengunjungi setiap obyek wisata yang ada di Bali, minggu-minggu kemarin saya sudah mengunjungi Kintamani dan Desa Penglipuran di Bangli, kali ini giliran Pura Taman ayun.

Kolam Air mancur
Pertama datang kemari yang menjadi perhatian saya dan membuat saya kagum adalah rumputnya yang hijau dan rapi seperti lapangan golf, sungguh pemandangan yang indah, Pura ini terdiri dari 3 kawasan seperti kebanyakan pura yang ada di Bali yang pertama namanya Jaba Sisi atau kawasan paling luar atau kawasan untuk tempat hiburan seperti yang ada pada bangunan besar yang di sebut kalangan atau tempat tabuh rah atau sabung ayam. Kawasan kedua di sebut Jaba Tengah atau kawasan untuk mengadakan pertunjukan atau mengadakan pertemuan bagi para pengemong pura di kawasan ini juga ada yang disebut bale kulkul dimana kita bisa naik ke sana untuk bisa melihat kawasan pura dari atas, selain itu ada juga wantilan kecil untuk mengadakan pertemuan atau tempat istirahat para pengunjung. Kawasan ketiga adalah Jeroan atau kawasan suci yang di sakralkan oleh karena itu pengunjung tidak boleh masuk kesana dan hanya boleh melihat dari luar saja pada kawasan ini ada yang di sebut meru bangunan tinggi dengan atap bertingkat dari tingkat dua sampai tingkat sebelas yang melambangkan tingkat kesucian dari Batara yang berstana di sana dan ada juga beberapa bangunan lain dengan ukiran paras khas yang masih asli dan tetap terawat.

Jaba Sisi atau Kawasan paling luar pura yang di foto dari Bale Kulkul di Jaba Tengah
Selain itu di tempat ini juga masih ada ayam hutan yang disebut Begisar yang di taruh pada kandang yang berada di tiap sudut Jaba Tengah, mumpung ke sini saya sempatkan untuk melihat setiap tempat yang ada disini, mulai dari kalangan atau tempat sabung ayam kemudian naik ke bale kulkul untuk sekedar ambil foto, dan di belakang pura juga ada seperti taman atau hutan yang terawat dan suasananya juga sangat sejuk kalau mau istirahat di sini juga ada bale bengong untuk duduk. Selain itu kawasan ini di kelilingi oleh sungai dan kolam sehingga banyak penduduk setempat datang ke sana untuk memancing. Mungkin hanya itu yang bisa saya ceritakan, untuk bisa tahu lebih banyak alangkah baiknya datang langsung ke tempat ini, sekian dan terimakasih. Mau lihat lebih banyak foto silahkan Lihat Album ini.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pura Taman Ayun Mengwi Badung"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih