Lapangan Niti Mandala atau Bajra Sandhi Renon

Advertisement
Advertisement
Minggu pagi bangun pagi-pagi buta sekitar jam 5 untuk persiapan olah raga, sebenarnya bukan hari minggu saja kadang hari-hari lain juga olahraga tetapi tidak jauh dari tempat tinggal, biasanya ke lapangan Puputan Badung naik sepeda sampai disana sepeda dipakir kemudian lari atau jalan saja. Kali ini juga sama naik sepeda, karena hari minggu maka cari lokasi yang agak jauh yaitu Lapangan Niti Mandala Renon atau Lapangan Puputan Margarana atau Lapangan Bajra Sandhi Renon yang letaknya di pusat kota Denpasar. Sedikit sejarah tentang lapangan ini, ketika itu Gubernur Bali Masih Alm. Dr Ida Bagus Mantra mempunyai Ide untuk membuat monumen tentang sejarah perjuangan Rakyat Bali, maka pada tahun 1981 diadakan sayembara untuk membuat desain monumen yang lumayan luas. 


Monumen Bajra Sandhi Renon
Kemudian sayembara itu dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana. Ternyata lama juga baru di mulai pembangunannya, dari 1981 perancangan Desain ternyata tahun 1988 baru mulai pembangunan atau peletakan batu pertama. Pembangunan monumen ini cukup lama sekitar 13 tahun selesai sekitar tahun 2001. Setelah selesai pembangunan dan penataan lokasi sekitar monumen maka pada tahun 2003 diresmikan oleh Presiden RI kala itu adalah Megawati Soekarno Putri. Kemudian pada tahun 2004 mulai di bentuk kepengurusan atau badan pengelola Monumen. Mungkin itu sejarah singkat monumen perjuangan Rakyat Bali atau Monumen Bajra Sandhi.

Terlepas dari sejarah diatas, saat ini monumen Bajra Sandhi banyak di kunjungi oleh warga Kota, disana ada lapangan yang luas bisa untuk sepakbola, ada juga lapangam Volly, lapangan Basket, tetapi biasanya kebanyakan yang datang ke sana adalah untuk lari pagi atau jogging sekedar mencari keringat atau cuci mata. Setelah diterapkannya Car Free Day (CFD) sejak 16 Agustus 2009, setiap hari minggu mulai pukul 00.06 sampai jam 00.11 wita, maka jumlah warga kota yang datang semakin banyak dari yang tua, dewasa, anak muda sampa anak-anak, mereka menikmati jalanan bebas kendaraan dengan bersepeda, skateboard, sepatu roda ada juga orang orang berkumpul di lapangan untuk aerobik dan lain-lain. Saat CFD banyak juga penjual kuliner kaki lima mulai dari lumpia, susu kedelai, siomay dan lain-lain. Wah pokoknya sangat menyenangkan kebetulan saya kesana sendirian jadi gak ada teman yang diajak ngobrol mungkin akan lebih menyenangkan jika kesana berbanyak. Oke mungkin hanya itu cerita hari ini. Terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Lapangan Niti Mandala atau Bajra Sandhi Renon"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih