Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Advertisement
Advertisement
Mendapat informasi dari Radio Guntur FM pada hari Jumat tanggal 8 Januari 2016 tentang salah satu monumen yang ada di Singaraja yakni Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta, saya jadi penasaran untuk bisa menemukan lokasinya. Mumpung saya tidak kerjaan maka saya putuskan untuk mencari lokasi dari monumen perjuangan ini pada hari Sabtu tanggal 9 Januari 2016. Saya mencari lokasi ini lewat jalan raya Singaraja-Bedugul, saya kira monumen yang ada di pinggir jalan itu tepatnya yang di dekat terminal sangket itu adalah monumen perjuangan Bhuwana Kerta dan ternyata saya salah, ternyata Monumen itu adalah Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti. Tapi untungnya jalan menuju ke Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta masih satu jalur jadinya saya tidak khawatir.

Jalan menuju ke monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini lumayan curam dan penuh tikungan dan jalan juga ada beberapa titik agak hancur. Setelah saya melewati jalan itu akhirnya saya sadar kalau saya pernah melewati jalan ini, dan ternyata jalan ini adalah jalan yang sama untuk menuju kawasan wisata Krisna Adventure yang sudah pernah saya kunjungi sebelumnya. Dengan berbekal info dari Guntur FM, Google maps dan petunjuk jalan akhirnya saya dapat menemukan Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini yang berlokasi tepat di ujung jalan Ki Barak Panji Sakti, Desa Panji, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng dan langsung terlihat tulisan Monumen Bhuwana Kerta seperti pada gambar di bawah ini.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Setelah samapi di sana, karena saya masih bingung mencari parkir, maka saya bertanya kepada warga yang sedang duduk di posko, saya bertanya dimana lokasi monumen Bhuwana Kerta dan dimana parkirnya? Bapak itu menjawab, ini lah Monumen Bhuwana Kerta, kalau parkir Bapak bisa parkir di depan sana. Dan saya pun langsung ke sana dan parkir di depan pagar banguna Bhuwana Kerta ini. Setelah itu sya langsung masuk ke areal Monumen Bhuawa Kerta tersebut.

Kawasan Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini memiliki dua bagian seperti Pura di Bali mungkin ada Jabaan dan ada Jeroan. Pada bagian bawah atau Jabaan sebelum masuk terdapat bangunan candi dan baru masuk akan ada jalan yang berisi batu sikat. Setelah itu pada bagian kiri ada lapangan hijau dan ada juga dua bangunan entah bangunan apa itu saya tidak tahu. Kemudian di sebelah kiri ada bangunan seperti wantilan yang di kelilingi kolam yang berisi air. Setelah melihat yang ada di bawah saya putuskan untuk masuk ke areal bangunan Monumen.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Pada bagian atas atau dalam, saya melihat bangunan tinggi menjulang, namun sebelum itu saya melihat juga bangunan patung  seperti patung macan yang dikelilingi pagar pada bagian kiri patung macan itu ada lapangan dengan rumput yang hijau dan di belakang bangunan patung macan itu baru terdapat bangunan Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta yang dibawahnya terdapat kolam yang berisi bunga teratai dan juga ada ikannya.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Pada bagian kanan terdapat pohon besar dan juga terdapat seperti Pura, saya sempat masuk ke sana dan melihat ada beberapa bangunan tempat pelinggih dan juga ada bangunan seperti wantilan juga dengan bangunan bergaya seni Bali yang terlihat dari ukiranya kayunya. Banguan ini seperti terlihat terawat, karena pada bagian belakang monumen terlihat seperti rumputnya habis dibersihkan sehingga sangat terlihat rapi.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Menurut berita yang saya dengar di Guntur FM, katanya Monumen Bhuwana Kerta ini akan dikelola sebagai objek wisata yang bisa dikunjungi dan juga sekaligus untuk memperkenalkan keberadaan dari Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini yang belum banyak orang yang tahu. Dengan adanya kawasan wisata Krisna Adventure mungkin Bhuwana Kerta ini akan ikut bisa terkenal karena masih satu jalur. Jika kamu mau berkunjung ke Krisna Adventure, tidak ada salahnya kamu mampir dahulu ke Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Jalan menuju Bhuwana Kerta ini satu jalur dengan jalan menuju Krisna Adventure, jika kamu datang dari Sambangan atau jalan SMA N 2 Singaraja maka jika kamu sudah mentok akan ada jalan ke kiri yang menuju terminal Sangket dan ke kanan akan ada pertigaan lagi, jika kamu ke kiri maka akan menuju ke Krisna Adventure dan jika kamu lurus maka akan menuju Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta. Sebenarnya jika kamu ke Bhuwana Kerta dulu langsung bisa menuju ke Krisna Adventure, saya sempat bertanya ke pada warga di sana kalau jalan sebelah bangunan Monumen Bhuwana Kerta bisa tembus ke Krisna Adventure.

Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja

Saat ini untuk masuk ke Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini tidak dipungut biaya apapun. Nah itulah cerita singkat tentang bangunan Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta ini, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, silakan tanyakan pada kolom komentar.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Monumen Perjuangan Bhuwana Kerta di Singaraja"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih