Air Terjun Yeh Mampeh di Desa Les Buleleng

Advertisement
Advertisement
Air Terjun Yeh Mampeh yang ada di Desa Les, Tejakula, Buleleng sebenarnya sudah eksis sejak dulu, namun tidak ada salahnya kalau saya menulisnya lagi di blog pribadi ini. Jika kamu mencari informasi tentang air terjun Yeh Mampeh ini di Google mungkin sudah banyak sekali ada tulisan yang memuat tentang Air Terjun Yeh Mampeh di desa Les ini.

Air Terjun Yeh Mampeh di Desa Les Buleleng

Sebelum lanjut untuk menulis perjalanan saya hari ini Rabu 1 Juni 2016 ada baiknya saya ceritakan sedikit kenapa air terjun ini namanya Yeh Mampeh. Yeh Mampeh berasal dari bahasa Bali yakni Yeh yang artinya air dan Mampeh artinya Terbang jadi Yeh Mampeh artinya air terbang karena air terjun dari ketinggian. Air terjun Yeh Mampeh ini memang tinggi kira-kira 30 meter, namun saat ini debit airnya agak kecil, namun percikan air seperti embun dari atas masih sangat terasa dingin karena tertiup angin.

Air Terjun Yeh Mampeh di Desa Les Buleleng

Kali ini saya menyempatkan diri untuk datang ke air terjun Yeh Mampeh ini, berangkat dari desa Tamblang menuju arah timur. Saat menuju air terjun Yeh Mampeh ini kamu juga akan melewati beberapa objek wisata seperti kolam renang alami Air Sanih selain itu ada juga Art Zoo yang belum sempat saya kunjungi. Setelah itu kamu juga akan melihat Pura Ponjok Batu.

Untuk mencari air Terjun Yeh Mampeh ini sangat mudah jaraknya sekitar 30 km dari desa Tamblang dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Saat di perjalanan kamu cukup cari saja desa Les nanti setelah dekat air terjun di pinggir jalan ada tulisan Waterfall, setelah itu ada pertigaan kamu belok kanan sesuai petunjuk arah lokasi air Terjun Yeh Mampeh.

Setelah masuk pertigaan nanti ada pemandian umum dan disana juga sudah ada petunjuk arah, kamu belok kanan. Setelah itu ada lagi pertigaan di sana juga juga ada petunjuk arah dan kamu harus belok kiri disini jalannya mulai rusak dan banyak batu-batu kecil, setelah itu akan ada post penjaga untuk membeli tiket atau lebih condong seperti retribusi parkir. Harga retribusi masuk obyek wisata air terjun Yeh Mampeh ini sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa.

Setelah itu melanjutkan lagi perjalanan menyusuri jalan yang agak rusak dan setelah itu masuk jalan kecil menuju lokasi air terjun. Kebetulan saya membawa sepeda motor jadi bisa masuk jalan kecil. Bagi yang membawa kendaraan rada empat harus parkir dekat pembelian tiket itu. Melewati jalan kecil dengan sepeda motor mungkin lagi 200 m, setelah itu kamu akan menemui warung pertama, silakan parkir disana, atau bisa juga di warung berikutnya yang jaraknya berdekatan.

Setelah itu untuk mencapai air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih lagi 200 m. Namun dengan suasana alam yang masih asri dan hijau perjalanan tidak akan terasa melelahkan, disamping itu jalannya juga datar tidak ada nanjak atau tidak ada banyak anak tangga yang harus dilalui jadi perjalanan tidak akan melelahkan.

Setelah sampai di lokasi air terjun saya hanya melihat-lihat saja, saat saya tiba ada beberapa cewek ABG yang sedang asik berfoto, juga ada seorang bule botak dengan kameranya. Saya pun hanya melihat dan sesekali mengeluarkan kamera untuk mengambil beberapa foto. Setelah itu ada beberapa bule cewek datang dan mereka membuka baju dan hanya memakai bikini saja dan mandi dibawah air terjun itu.

Air Terjun Yeh Mampeh di Desa Les Buleleng

Ingin punya foto berlatar belakang air terjun Yeh Mampeh, tapi tidak ada yang disuruh mengambil foto, akhirnya saya beranikan diri dengan bule botak yang sepertinya fotografer profesional. Saya minta tolong kepadanya untuk mengambil satu atau dua foto saja, sebenarnya banyak cerita dengan Bule botak ini namun cukup itu saja yang saya ceritakan.

Setelah di foto oleh bule botak itu akhirnya saya putuskan untuk pulang dan melanjutkan perjalanan menuju Rumah Pohon yang ada di Kubu Karangasem. Nah itulah cerita single Touring menuju obyek wisata air terjun Yeh Mampeh, semoga menyenangkan.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Air Terjun Yeh Mampeh di Desa Les Buleleng"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih