Air terjun Kanto Lampo di Gianyar

Advertisement
Advertisement
Sudah sedari dulu saya ingin datang ke Air terjun Kanto Lampo tepatnya berlokasi di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Gianyar, namun karena berbagai hal akhirnya saya tunda dulu untuk datang ke sana. Nah kebetulan pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2016 saya sedang berada di Denpasar dan tidak ada pekerjaan maka saya putuskan untuk mencari dua tempat air terjun, yang pertama adalah air terjun kuning di Bangli setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke air terjun Kanto Lampo di Gianyar.

Air terjun Kanto Lampo di Gianyar

Untuk mencari lokasi air terjun Kanto Lampo ini sangat mudah, kamu cukup cari kota Gianyar dan setelah itu cari lapangan Astina. Jika kamu datang dari arah By Pass Dharma Giri, sebelum lapangan Astina ada perempatan dan traffic light maka disana kamu belok kiri. Setelah itu ikuti terus jalan sampai kamu melihat tulisan pada beton warna hitam seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu kamu belok kanan, Silakan tanyakan pada warga disana kalau kamu bingung, karena jarak air terjunnya sudah dekat. Jalan menuju air terjun ini lebar dan sudah dibeton dan juga ada petunjuk arah untuk mencapai lokasi ari terjun Kanto Lampo ini.

Air terjun Kanto Lampo di Gianyar

Setelah itu kamu boleh parkir sepeda motor disana dan juga mobil. Setelah parkir untuk mencapai lokasi air terjun kamu harus menuruni beberapa anak tangga. Setelah turun beberapa tangga maka kamu akan melihat tempat punia (sumbangan berupa uang). Kotak Punia ini dijaga oleh seseorang dan dia memberi salam Om Swastiastu kepada saya dan mungkin juga kepada setiap pengunjung, sebelum memasuki lokasi Air terjun Kanto Lampo ini. Punia ini hanya sebesar Rp 5.000 untuk satu orang, jika kamu tidak membawa uang pas Rp 5.000 maka akan dikasih kembalian oleh penjaga kotak itu.

Air terjun Kanto Lampo di Gianyar

Setelah itu kamu akan menuruni tangga lagi, setelah itu ada tempat ganti pada sebelah kiri dan lokasi air  terjun pada sebelah kanan. Saran saya sebaiknya kamu bawa baju ganti dan silakan ganti pakaian pada ruang ganti yang sudah disediakan. Setelah itu silakan langsung ke lokasi air terjun. Untuk turun mencapai lokasi air terjun ini jalannya cukup ekstrim, karena jalan air yang dipakai tapi sudah ada tempat pegangan tangan supaya kamu tidak jatuh. Namun meskipun begitu tetap harus hati-hati saat menuruni jalan tersebut karena jalannya agak licin.

Saat saya datang kesana banyak juga bule yang mengunjungi tempat ini, mereka semua terlihat basah dan sepertinya habis mandi di bawah guyuran air terjun Kanto Lampo ini. Saya sudah tidak sabar untuk turun, mumpung saya tidak ada niat untuk mandi di sana jadi saya langsung turun tanpa mengganti pakaian dahulu. Setelah itu saya turun dan sampai disana tidak begitu ramai hanya ada beberapa orang dengan keluarganya. Saat datang saya langsung ngobrol sama seorang pria dan ternyata pria itu juga dari Buleleng tepatnya dari Tejakula.

Air terjun Kanto Lampo di Gianyar

Setelah selesai mengobrol, saya langsung turun menuju sungai dan juga melihat langsung air terjun Kanto Lampo ini. Memang bagus banget bro, airnya tidak begitu deras namun terlihat banyak karena banyak batu di sana. Jika kamu mau mengambil foto disana, bisa sedikit naik supaya kena guyuran dari air terjun tersebut. Sebenarnya saya ingin juga ingin mandi disana, tapi karena sendiri jadi malas, mungkin lain kali jika kesana sama pacar, baru basah-basahan mandi disana dan berfoto ria disana. 

Setelah mengambil beberapa foto dan juga video pendek, akhirnya saya putuskan untuk kembali ke parkir, karena cuaca mendung, takut nanti pulangnya kena hujan. Sampai tempat punia tadi, orang yang menjaga kotak punia itu mengucapkan terima kasih kepada saya karena sudah mengunjungi obyek wisata Air Terjun Kanto Lampo.  Setelah tiba di parkir langsung pasang perlengkapan naik motor dan langsung balik menuju Denpasar. Nah itulah cerita perjalanan saya menuju Air Terjun Kanto Lampo yang berlokasi di Gianyar, semoga menyenangkan.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

3 Responses to "Air terjun Kanto Lampo di Gianyar"

  1. Keren. Nanya dong, kalau naik mobil, medannya gimana? Saya baca di blog lain, katanya sempit tapi di blog ini Anda bilang lebar. Mohon infonya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa bro, meskipun mobil tidak bisa masuk sampai ke lokasi air terjun, jaraknya tidak begitu jauh bro parkir mobil dengan lokasi air terjun bro, kemarin saya rada bingung mencari lokasi air terjun Kanto Lampo ini, jadi saya dapatnya jalan yang mungkin bukan jalan utama, terimakasih.

      Hapus
    2. Thanks, bro. Sebenernya yang saya tanyakan itu jalan menuju parkiran kanto lampo, bro. Hihihii... Jalanannya naik-turun atau datar atau sempit atau lebar? :D

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih