Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Advertisement
Advertisement
Belakangan ini saya sering dan baru mendengar tentang Goa Maria Air Sanih, entah kenapa baru kali ini saya tahu kalau di Sanih sana ada Goa dengan nama Goa Maria Air Sanih yang disingkat dengan Gomas. Tempat ini merupakan tempat ziarah umat katolik. Goa Maria yang berlokasi di Jalan Airsanih - Tejakula, Singaraja, Bukti, Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81172.

Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Pulau Bali memberi kesan khusus dan mendalam bagi Romo Willy M. Batuah CDD. Hampir setiap tahun Romo Willy M. Batuah CDD dan anak-anak asrama Kolese Santo Yusup Malang mengadakan rekreasi. Dari banyak tempat yang dikunjungi Rm. Willy M. Batuah CDD, hanya Air Sanih lah yang memancarkan daya tarik istimewa pada Romo Willy M. Batuah CDD, sampai membentuk impian untuk mempunyai karya di Air Sanih. Impian ini dipendam rapat-rapat.

Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Akhirnya pada pertengahan 1991, Romo Willy M. Batuah CDD mulai mewujudkan untuk berkarya di Air Sanih dengan membeli sebidang tanah seluas 3 ha, yang letaknya kurang lebih 1,7 km dari obyek wisata Pemandian Air Sanih. Pemandian Air Sanih mempunyai keunikan yaitu: merupakan sumber air tawar di tepi pantai dengan debit yang besar, limpahan airnya membentuk sungai kecil yang langsung mengalir ke laut. Air Sanih berarti air bening.

Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Dalam perjalanan timbul pemikiran untuk membangun Goa Maria, jalan salib, lokasi camping, kegiatan di alam terbuka dan menghijaukannya dengan tanaman-tanaman keras dan lunak, sehingga bisa dijadikan tempat ziarah dan rekreasi (ziarek).

Pembangunan pun berjalan lambat, karena Romo Willy M. Batuah CDD ingin berkenalan terlebih dahulu dengan masyarakat dan budaya sekitar. Setelah masyarakat kenal dan mengetahui secara benar maksud dan tujuan Rm. Willy, barulah irama pembangunan Goa Maria ditingkatkan. Sehubungan wilayah tersebut adalah wilayah Air Sanih dan arti kata Air Sanih cukup baik maka Goa Maria ini disebut Goa Maria Air Sanih.

Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Akhirnya pada tanggal 23 Oktober 2005 Goa Maria Air Sanih diberkati oleh Mgr DR Benyamin Yosef  Bria Pr, yang sebelumnya Romo Yandhie B. Gunawan CDD telah memberkati sumber air "Goa Maria Air Sanih".

Patung di Goa Maria Air Sanih dibuat oleh Almarhum Stefanus Bambang Triadji ( 24 April 1943 - 19 Mei 2007), beliau adalah seniman, khususnya patung. Masa kecilnya di Pasuruan kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI).

Goa Maria Air Sanih Kubutambahan

Nah itulah sedikit sejarah dari berdirinya Goa Maria Air Sanih di Singaraja. Meskipun tempat ini merupakan tempat ziarah umat Katolik, namun ada juga orang yang bukan umat Katolik yang datang kesana untuk sekedar rekreasi dan menikmati areal Goa Maria Air Sanih ini. Saat masuk ke sana tidak dipungut biaya, cukup dengan menjaga kebersihan saat datang kesana.

Bagi kamu yang ingin datang ke Goa Maria Air Sanih (Gomas) ini, silakan ikuti navigasi dari Google Maps di bawah ini.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Goa Maria Air Sanih Kubutambahan"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih