Taman Mumbul Sangeh dan Sedikit Sejarahnya

Advertisement
Advertisement
Bali memang salah satu tempat tujuan wisata yang banyak memiliki obyek wisata yang tidak pernah terlupakan jika sudah pernah mengunjunginya. Salah satu obyek wisata yang banyak ada di Bali adalah obyek wisata alam yang masih asli dan alami. Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang keberadaan dari salah satu obyek wisata satu ini.

Taman Mumbul Sangeh dan Sedikit Sejarahnya

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang Taman Mumbul yang ada di Sangeh kabupaten badung Bali. Taman Mumbul ini terletak kurang lebih 1 km dari obyek wisata hutan Sangeh. Taman Mumbul Sangeh merupakan lokasi yang disucikan karena di taman ini terdapat sebuah tempat suci (pura) dan taman ini juga digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi masyarakat desa Sangeh.

Ada sedikit sejarah yang mengawali kenapa tempat ini bisa ada, nah kita lihat saja di sana kita bisa melihat ada patung nenek yang sedang menuang air. Diceritakan nenek ini adalah penjual air dengan membawa jun (tempat air) yang berjualan dari desa ke desa. Beberapa desa yang dilalui, nenek selalu menuangkan air kepada si pembeli.

Hingga di suatu tempat beliau merasa kelelahan dan beristirahat. Karena jualannya tidak habis si nenek meminum sedikit dan menuangkan semua airnya hingga habis. Disiramlah beberapa tanaman yang ada di sekitar, walau tak terjual air ini tentunya sangat berguna bagi kehidupan yang ada di sana. Tiba-tiba air-air yang jatuh ke tanah baik selama perjalanan sampai nenek ini istirahat, keluar lagi dari dalam tanah.

Itulah menjadi sumber-sumber air, percikan-percikan saat menjual menjadi sumber air dengan ukuran kecil. Sedangkan tempat nenek istirahat merupakan sumber mata air terbesar dan terbanyak. Sekarang tempat ini dikenal dengan nama Taman Mumbul.

Untuk mencari lokasi Taman Mumbul ini sangat mudah, jika dari Denapsar maka silakan cari saja jalur menuju Sangeh. Jaraknya sekitar 25 km menurut navigasi Google Maps dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam saja. Lokasi ini juga dekat dengan Hutan Sangeh dan Air terjun Peng Empu.

Taman Mumbul Sangeh dan Sedikit Sejarahnya

Untuk lebih jelasnya silakan pakai saja navigasi Google Maps untuk bisa menemukan lokasi Taman Mumbul yang berada di Sangeh.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Taman Mumbul Sangeh dan Sedikit Sejarahnya"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih