Potensi Wisata Bali Utara

Advertisement
Advertisement
Buleleng merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali yang memiliki wilayah yang paling luas diantara kabupaten lain yang ada di Bali. Buleleng juga memiliki wilayah yang lengkap mulai dari laut, daratan, danau dan bukit yang bersatu padu menyusun wilayah Buleleng sehingga menjadi wilayah yang memiliki potensi besar untuk perkembangan pariwisata.

Potensi Wisata Bali Utara

Mungkin ada beberapa objek pariwisata yang sudah terkenal yang sudah banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah Lovina yang terkenal dengan pantainya dan juga dengan lumba-lumbanya yang muncul disetiap pagi.

Nah selain itu ada juga beberapa potensi yang tak kalah bagus dengan tempat wisata yang ada ditempat lain. Nah berikut ini adalah narasi yang saya kutip dari sebuah video yang dibuat oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng.

  1. Pulau Menjangan yang berlokasi di sebelah utara dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tepatnya di desa Klampok kecamatan Grokgak. Pulau Menjangan merupakan pulau yang masih sangat alami dengan spot diving yang sangat keren.
  2. Hutan Mangrove yang terletak di desa Pejarakan, kecamatan Grokgak memiliki daya tarik tersendiri ada jalan-jalan bambu yang bisa dilintasi untuk mengelilingi dan menikmati pemandangan yang ada di Hutan Mangrove ini.
  3. Desa Pemuteran yang juga masih berada di kecamatan Grokgak yang sangat dengan pantainya yang sangat indah dan juga memiliki keindahan di bawah laut yang sangat menakjubkan karena didukung oleh metode biorok. 
  4. Bukit Batu Kursi yang masih terletak di desa Pemuteran, tempat ini terkenal dengan pemandangan lautnya dari ketinggian dan juga hamparan bukit yang menjadi satu. Tempat ini juga merupakan tempat wisata spiritual.
  5. Pura Pulaki yang terletak di desa Banyupoh kecamatan Grokgak, merupakan sebuah Pura yang termasuk ke dalam pura Kahyangan Jagat atau Dang Kahyangan. Tempat ini merupakan tempat wisata spiritual yang memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat tebing yang indah dan sekumpulan monyet.
  6. Pantai Lovina merupakan pantai yang berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Singaraja yakni di desa Kalibukbuk. Di Pantai ini wisatawan bisa melihat Lumba-lumba di pantai pada pagi hari dengan menggunakan Jukung sederhana.
  7. Danau Buyan yang terletak di desa Pancasari dan danau Tamblingan yang terletak di desa Munduk yang jaraknya berdekatan antara danau Buyan dan danau Tamblingan. Danau kembar ini sangat mempesona mata wisatawan karena keindahan alam yang masih alami yang nuansanya yang tenang dan damai.
  8. Air terjun tingkat di Gitgit yang terletak di desa Gitgit kecamatan Sukasada, tempat ini sangat cocok untuk wisata tracking dengan medan berkelok dan naik turun disertai pemandangan hutan yang indah.
  9. Museum Gedung Kerthya Singaraja yang terletak di pusat kota Singaraja, museum ini diakui secara internasional sebagai salah satu museum naskah kuno.
  10. Ex. Pelabuhan Buleleng Sinagaraja yang berlokasi sekitar 2.5 km dari pusat kota Singaraja. Tempat ini merupakan tempat bersejarah dengan panorama yang indah.
  11. Desa Lemukih yang terletak di kecamatan Sawan yang sangat kaya dengan potensi pemandangan alam yang indah seperti water sleding dan terasering sawah.
  12. Air Terjun Sekumpul atau dikenal juga dengan nama air terjun Gerombong yang terletak di desa Sekumpul kecamatan Sawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terdiri dari 7 air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan.
  13. Pura Beji yang terletak di desa Sangsit kecamatan Sawan, Pura Beji ini memiliki relief kuno dan struktur bangunan kuno yang menjadi daya tarik wisatawan.
  14. Desa Jagaraga yang terletak di kecamatan Sawan, desa ini memiliki kebudayaan yang khas dengan puranya yang memiliki ukiran yang kuno.
  15. Pura Ponjok Batu yang terletak di desa Pacung kecamatan Tejakula. Yang unik dari pura Ponjok batu ini karena adanya sebuah arca yang berbentuk perahu kecil yang beralaskan batu di pinggir pantai pura Ponjok Batu.
  16. Buleleng juga memiliki beragam tradisi, salah satunya adalah sampi gerumbungan (karapan sapi). Sampi gerumbungan merupakan acara tahunan yang berupa kontes untuk bibit sapi unggul dan kebudayaan lain yang ada di Buleleng.
Nah itulah beberapa potensi pariwisata yang ada di Buleleng yang sudah terkenal sejak lama. Namun tidak semua potensi yang ada di Buleleng bisa disebutkan dalam video yang berdurasi sekitar 5 menit itu. Sebenarnya masih banyak potensi wisata lainnya yang indah yang ada di Buleleng. Namun secara garis besar apa yang terlihat dalam video tersebut sudah bisa mewakili tempat lain yang tidak terlihat pada video tersebut yang menandakan kalau masih banyak tempat wisata di Buleleng yang belum bisa terekspose.

Untuk melihat beberapa tempat wisata yang disebutkan di atas, silakan toton video di bawah ini.


Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Potensi Wisata Bali Utara"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih