Air Terjun Blangsinga Kemenuh Gianyar

Advertisement
Advertisement
Air Terjun Blangsinga merupakan nama lain dari air terjun Tegenungan yang berlokasi di Kemenuh, Blahbatuh Gianyar Bali. Saat ini air terjun Blangsinga sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat dan sudah memiliki beberapa fasilitas yang menunjang sebagai tempat wisata untuk wisatawan lokal maupun manca negara.

Air Terjun Blangsinga Kemenuh Gianyar
Air Terjun Blangsinga dilihat dari atas tangga

Beberapa tahun lalu saya sudah sempat berkunjung ke air terjun ini, namun waktu itu suasananya masih berbeda dan masih jauh dari kata memadai untuk sebuah tempat tujuan wisata. Dulu sekitar empat tahun lalu saya datang kesini naik sepeda sendirian, jalan untuk masuk kesini masih rusak dan belum ada banyak artshop.

Begitu juga saat terakhir saya kesana dua tahun lalu naik sepeda bersama teman saya suasana masih hampir sama dengan suasana empat tahun lalu belum banyak ada yang berubah baik dari akses jalan yang masih belum bagus maupun akses jalan menuju air terjun yang masih harus melewati tali sebagai pegangan supaya tidak terjatuh ke sungai.

Lama sudah tidak datang (Gowes) ke air terjun Blangsinga ini, kemarin saya diajak oleh teman disuruh mengantar ke sana dan akhirnya berangkat pukul 16.50 naik kendaraan roda empat sebanyak lima orang. Berangkat dari Denpasar dengan jarak tempuh sekitar 10 km dan pukul 17.15 kami sudah sampai di lokasi air terjun Blangsinga ini.

Untuk mencari lokasi air terjun Blangsinga ini sangat mudah, jika berangkat dari Denpasar cari saja jalur menuju Gianyar lewat Sakah. Setelahs ampai di patung Bayi Sakah silakan belok kanan nah lagi beberapa kilometer akan bertemu perempatan yang ada traffict light, nah di sana silakan belok kanan. Lanjut perjalanan lagi beberapa kilometer, maka didepan akan ada plang yang bertuliskan Obyek Wisata Air terjun. Tepat diplang itu akan ada pertigaan dan silakan belok kiri. Lanjut lagi beberapa meter saja maka akan tiba dilokasi.

Saat saya sampai di parkiran saya sedikit kaget karena suasannya sudah jauh berbeda dari empat atau dua tahun lalu saat terakhir kali saya berkunjung ke sana. Saat ini tempat ini sudah rapi dan sudah banyak ada artshop dan juga tempat makan. Parkirnya juga luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan roda empat.

Setelah itu langsung menuju tempat pembelian karcis masuk. Harga karcis masuk untuk tamu mancanegara dan domestik adalah Rp 10.000,- sedangkan untuk karcis masuk untuk wrga lokal Bali adalah Rp 5.000,- per orang, sungguh harga yang sangat terjangkau sekali. Menurut salah seorang yang jaga di tempat penjualan karcis, biasanya pengunjung mulai ramai sejak pukul 09.00 sampai sore sekitar pukul 17.00 Wita.

Setelah itu kami langsung turun dan tidak lupa menyerahkan karcis kepada penjaga karcis disana. Setelah itu kami mulai berjalan menuju air terjun, dari atas air terjun sudah nampak dengan jelas. Untuk mencapai lokasi air terjun Blangsinga ini kita harus turun melewati anak tangga. Di beberapa titik saat menuruni anak tangga terdapat beberapa spot untuk berfoto dengan latar belakang Air Terjun Blangsinga.

Setelah itu lanjut turun lagi, dahulu hanya ada satu akses jalan yakni yang ke kanan saja, sekarang sudah bisa lewat kiri atau kanan saja yang tembus tepat di pemandian tersebut. Setelah itu lanjut lagi perjalanan lagi sedikit, maka akan sampai pada lokasi air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 m ini.

Saat ini akses untuk mencapai air terjun sudah sangat mudah, tidak perlu khawatir akan jatuh, tidak perlu memegang tali untuk menuju lokasi air terjun ini karena jalannya sudah bagus dan sangat nyaman untuk dilewati oleh pengunjung.

Saat saya datang kesini banyak sekali tamu manca negara yang datang, ada yang cuma melihat pemadangan saja ada juga yang menikmati guyuran air terjun. Kita bisa menikmati pemandangan air terjun Blangsinga ini dari tiga poisisi, yakni mulai dari bawah, kemudian tengah dan juga dari atas yang bisa diakses lewat jalan tangga.

Saat saya datang kesana, saya hanya menikmati pemandangan dari bawah saja, karena datangnya sudah sore dan teman-teman juga tidak ada yang mau naik, jadi tidak tahu rasanya bagaimana pemandangan dari bagian tengah dan juga pemandangan dari atas.

Saat ini Air Terjun Blangsinga sudah dikelola secara baik, saat ini sudah ada fasilitas penunjang seperti sewa loker, toilet dan juga ruang ganti yang ada di toilet di dekat tangga saat kita selesai menuruni tangga dari sisi kanan. Sehabis mandi di air terjun, untuk membilas dengan air bersih, pengunjung bisa mandi di pemandian umum yang airnya jernih yang terdiri dari beberapa pancoran.

Selain itu ada juga River boynya atau penyelamat / penjaga sungai jika ada yang mengalami masalah saat menikmati air terjun Blangsinga tersebut.

Setelah lama disana akhirnya kami putuskan untuk naik lagi dan menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 200 anak tangga. Nah itulah cerita kami saat bermain ke Air Terjun Blangsinga Kemenuh Gianyar, semoga menyenangkan.

Bagi yang ingin tahu suasana di Air Terjun Blangsinga, silakan tonton video amatir di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Air Terjun Blangsinga Kemenuh Gianyar"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih