Pura Goa Raja Patirtaan dan Penglukatan di Tajun

Advertisement
Advertisement
Bagi yang suka wisata religi dan ingin melukat ditempat yang belum pernah didatangi, mungkin satu tempat ini bisa menjadi pilihan untuk wisata religi sekaligus membersihkan diri dengan penglukatan yang ada di sana.


Kali ini ada tempat penglukatan baru yang sejak beberapa hari ini banyak dibicarakan netizen di facebook karena penasaran tentang tempat tersebut. Tempat yang dibicarakan tersebut adalah Pura Goa raja yang diunggah oleh akun facebook dengan nama Andy Karyasa Wayan.

Dalam postingan tersebut Andy menggungah sebuah video yang berisi keterangan tentang Pura Goa Raja tersebut. Dalam tulisan tersebut disebukan bahwa Pura Goa Raja berada di kedalaman 177 meter di dasar jurang di Desa Tajun, Kubutambahan, Buleleng. Tepatnya di sebelah timur Pura Bukit Sinunggal. Untuk mencapai lokasi pura ini, jika dari Denpasar bisa lewat Kintamani sekitar 2,5  jam perjalanan. Jika dari Singaraja bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Pura ini berada di tengah goa di sebelah air terjun. Di dalam goa yang memiliki tinggi sekitar 3 meter ini, terdapat sebuah pelinggih yang dijaga oleh 3 patung naga yaitu Naga Taksaka (Iswara), Naga Anantaboga (Brahma) dan Naga Basuki (Wisnu). Sedangkan pelinggihnya itu adalah melambangkan dari stana Dewa Siwa.

Di sebelah kanan air terjun ada sebuah goa kecil yang di dalamnya terdapat sebuah gentong tempat air suci yang digunakan untuk melukat. Air dalam gentong ini tidak berasal dari kelebutan ataupun pancuran namun anehnya gentong tersebut selalu terisi.

Air inilah yang diyakini mampu melebur dasa mala atau kekotoran, serta memiliki khasiat untuk penyembuhan. Sebelum melakukan persembahyangan di Goa Raja, pemedek melukat terlebih dahulu di tempat ini.

Untuk mencapai Pura Gowa Raja harus menuruni ratusan anak tangga sekitar 177 meter. Selesai melukat di Pura Goa Raja bisa sekalian melakukan persembahyangan di Pura Dasar Bhuana (Pura Siwa Budha). Setelahnya mendaki sekitar 20 menit menuju Pura Bukit Sinunggal.

Seperti itulah keternagna yang ditulis dalam video uggahan di facebook tersebut. Di Pura Goa Raja itu tidak ada Pemangkunya Nanti minta info di sekitar parkiran Pura Bukit Sinunggal. Pasti di panggilkan pemangkunya.

Nah itulah sedikit informasi dari Pura Goa Raja yang da di Tajun, semoga bermanfaat.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pura Goa Raja Patirtaan dan Penglukatan di Tajun"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih