Air Terjun Carat, Air terjun Jambangan dan Kolam Renangnya

Advertisement
Advertisement
Sudah sejak lama kabar ini terendus, namun sejak itu pula tidak ada kabar yang pasti akan dibukanya obyek wisata Air Terjun yang ada di Dusun Klampuak desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan Buleleng ini. Dulu air terjun ini sudah pernah eksis, namun entah kapan, mungkin tahun 2010 lalu plang air terjun carat ini di buka dan tidak ada lagi plang peganti dan itu artinya air terjun ini sudah tidak dikelola lagi sebagai obyek wisata.

Air Terjun Carat, Air terjun Jambang dan Kolam Renangnya
Foto FB Sutawa Redina

Pucuk dicinta ulam pun tiba, beberapa hari lalu saya sempat melihat postingan dari teman-teman Pegawai kantor desa Tamblang berkunjung ke Air terjun Carat ini, dan saya pikir ini sebuah kabar yang menggembirakan bahwa obyek wisata alam air terjun Carat akan dibuka lagi untuk umum dan pastinya dengan sistem pengelolaan yang lebih bagus dan menawarkan hal yang berbeda.

Dusun Klampuak yang terletak di jalur Singaraja Kintamani lokasinya sebelum desa Tajun kalau dari arah Singaraja. Klampuak memiliki beberapa air terjun, salah satunya yang sudah terkenal adalah air terjun Carat, ari terjun ini ada dua yakni yang memiliki ketinggian 35 meter dan ada juga yang jauh lebih tinggi yakni mencapai 120 meter.

Selain itu ada juga air terjun Jambangan yang tidak terlalu tinggi namun bagian bawahnya sangat luas sehingga bisa menampung banyak air. Mungkin oleh sebab itu diberi nama air terjun jambangan. Jambangan itu sendiri merupakan bahasa Bali yang artinya sebuah penggorengan besar, mungkin arti air terjun Jambangan bisa sama seperti itu, saya tidak tahu, nanti akan saya cari artinya setelah sempat berkunjung ke sana.

Selain itu ada juga kolam renang yang berada di dekat lokasi air terjun tersebut, kolamnya besar, dengan air alami dan dengan latar belakang hutan yang masih hijau layaknya kolam kolam kekinian yang biasa disebut kolam renang infinitive.

Foto: FB Ony Menceng

Melengkapi kegembiraan saya, saya pun menemukan kabar terbaru dari air Terjun Carat ini, seperti yang saya baca di facebook, postingan yang diunggah oleh akun atas nama Sutawa Redina pada hari Sabtu1 1 Juli 2017, beliau merupakan orang yang berasal dari dusun Klampuak, beliau mengunggah beberapa foto dan menulis seperti ini.
Bagi yang hobi petualang dan menggemari suasana alam, kami infokan bahwa di Banjar Dinas Kelampuak, Desa Tamblang sedang dikembangkan dua kawasan air terjun yaitu air terjun Carat dan Air Terjun Jambangan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi . Kedua lokasi ini berdekatan dan keduanya didukung kondisi alam yang masih alami dan memberikan nuansa yang berbeda dan khusus. Untuk mengetahui kelebihannya ya dengan mendatangi langsung lokasi berikut ini sekilas tampak Air Terjun Jambangan.
Untuk menemukan lokasi air terjun ini sangat mudah karena papan namanya sudah dipasang dan terletak di kanan jalan kalau dari arah Singaraja. Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Singaraja dan 2.5 jam dari Denpasar lewat jalur Kintamani.

Air Terjun Carat, Air terjun Jambang dan Kolam Renangnya
Foto: FB Ony Menceng

Sampai saat ini belum ada kabar yang pasti kapan obyek wisata air terjun dan kolam renang ini akan di buka. Namun melihat sebuah postingan di facebook, sepertinya tempat ini akan segera di buka (soft opening) untuk umum. Jadi untuk saat ini saya belum tahu berapa biaya masuk ke sana dan apa saja yang ada di sana.

Jika air terjun Carat dan kolam Renangnya sudah mulai beroperasi dan mulai bisa dikunjungi oleh wisatawan, berarti akan menambah satu lagi tujuan obyek wisata alam di Buleleng, khususnya di kecamatan Kubutambahan.

Nah itulah sekilas info tentang air terjun Carat, air terjun Jambangan dan kolam renangnya yang ada di dusun Klampuak, semoga bermanfaat dan jika ada waktu sebelum soft opening saya harus sudah sempat datang ke sana. Eh tunggu dulu, jangan-jangan sudah soft opening yak, waktu ada orang rame-rame kesana? 😅
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Air Terjun Carat, Air terjun Jambangan dan Kolam Renangnya"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih