Kubu Hobbit di Desa Pedawa

Advertisement
Advertisement
Mungkin sudah sejak lama beberapa desa Bali Aga yang ada di Buleleng sedang membangun desa dan mempersiapkan beberapa objek wisata baru disana. Sebenarnya da beberapa obyek wisata baru yang ada disana seperti rumah tradisional Sidatapa (Bale gajah tumpang salu), tukad Langkeng forest Cempaga, kerajinan bambu di Tigawasa dan rumah adatnya, rumah adat Pedawa, Ketungan Banyusri dan yang paling bikin penasaran mungkin Kubu hobbit /kopi moola pedawa.

Kubu Hobbit di Desa Pedawa
Foto: Koran Buleleng

Sekedar informasi di Buleleng ada lima desa Bali Aga, lima desat tersebut disingkat menjadi SCTPB atau Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Banyusri. Kelima desa tersebut merupakan gugusan desa Bali Aga yang ada di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Bali. Kelima desa ini bersama-sama sedang membangun objek wisata untuk Bali Aga seperti yang disebutkan di atas.

Kali ini kita akan ke Kubu Hobbit yang ada di dusun Asah desa Pedawa yang berdiri di lahan perkebunan milik Bapak Ketut Sudi Harta. Pembangunan Kubu Hobbit ini awalnya hanya untuk menutup tempat penampungan air bersih untuk dipakai setiap hari. Namun setelah jadi kubu Hobbit ini terlihat unik dan sepertinya menarik.

Bahan-bahan untuk membangun untuk membuat kubu Hobbit ini adalah kayu-kayu yang sudah tidak dipakai, ada kayu tanaman kopi yang sudah kering serta papan-papan bekas dan setelah disusun sedemikian rupa maka jadilah Kubu Hobbit yang benar-benar mirip dengan rumah kurcaci yang ada di belahan benua Eropa.

Ketut Sudi Harta menuturkan dibalik populernya kubu Hobbit ada keinginan untuk membuat sebuah objek wisata lokal di Desa Peedawa, namun dijalani secara pelan karena membutuhkan dana yang cukup besar. Misi awalnya adalah membawa desa Pedawa menjadi desa wisata di Bali Aga.

Saat ini kubu Hobbit sudah dibuka untuk umum, bagi kamu yang suka wisata unik dan menarik dan juga suka berswafoto maka kubu Hobbit di Pedawa ini menjadi pilihan alternatif untuk tempat wisata baru.

Selain itu di Kubu Hobbit juga ada tempat minum kopi khas Pedawa yakni Kopi Moola, saat menimum kopi dilengkapi dengan gula merah, kue khas Pedawa dan ada juga jaje sengarit yang terbuat dari ketela dicampur dengan gula merah.

Nah itulah sedikit informasi yang saya olah dari Koran Buleleng tentang Kubu Hobbit dan Kopi Moola yang ada di desa Sidetapa, Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, semoga menyenangkan dan jika ada waktu saya akan sempatkan datang ke sana dan menikmati secangkir kopi Moola.

Update: Saat ini untuk tiket masuk ke rumah Hobbit seharga Rp 10.000 per orang.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

3 Responses to "Kubu Hobbit di Desa Pedawa"

  1. Ada informasi.nya gk kyak google map.nya..
    Pingin kesana dari kemarin tp tidak kesampaian.. mohon di info pak di nomor saya +6289515627756

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih