Serayu Pot & Terracotta Ubud

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, sudah lama saya tidak menulis tentang perjalanan saya disini karena saya sudah jarang sekali melakukan perjalanan. Minggu lalu saya sempat berjalan-jalan ke Ubud, cuma jalan-jalan aja naik motor Byson FI sekedar riding saja tanpa ada tujuan yang jelas.

Serayu Pot & Terracotta Ubud
Foto: wikimedia.org
Nah saya paling suka kalau naik motor itu ke kawasan Ubud, entah apa sebabnya saya suka sekali melewati jalanan yang ada di Ubud. Kebetulan lewat Ubud maka saya teringat degan salah satu tempat berfoto yang ada di sekitar Ubud, yakni Serayu Pot & Terracotta yang sudah lama saya ingin tahu keberadaannya.

Dulu saat online jadi ojek online saya pernah melewati tempat ini, namun saya tidak begitu ngeh, jadinya lewat begitu saja. Kebetulan minggu lalu saya ke Ubud tanpa tujuan maka saya sempatkan untuk melewati tempat yang masih hits sampai saat ini yakni Serayu Pot & Terracoota yang sangat Instagramable untuk berfoto.

Serayu Pot & Terracotta ini berlokasi di Banjar Ambengan, jalan Gunung Sari Peliatan Ubud tepat berada di pinggir jalan raya yang jalannya agak sempit. Sebagai penanda lokasi ini adalah patung Arjuna yang ada di perempatan di Peliatan, kalau dari arah Sukawati maka saat di perempatan kamu belok kanan, baru masuk sedikit ke jalan itu, lokasi Serayu Pot & Terracotta di kiri jalan.

Siapa sebenarnya orang yang berada dibalik hadirnya Serayu Pot & Terracotta di Ubud? Seperti yang saya baca dari Blog ini, Beliau adalah Pak Wayang Cameng yang merupakan seorang seniman dari Ubud sudah sejak lama mendirikan Warung Serayu yakni sejak tahun 2008. Pada mulanya, Pak Wayan memiliki keinginan untuk mengekspresikan karya seni rupanya sebagai karya instalasi yang permanen.

Serayu Pot & Terracotta Ubud
Foto: IG Serayu Pot & Terracotta
Pak Wayan juga mengatakan bahwa sebenarnya, kerajinan pot gerabah ini adalah barang-barang biasa yang dapat ditemui di pasar, namun yang membedakan dari karyanya adalah pot yang dilukis dengan motif dan warna yang menarik serta ditumpuk dan digantung sehingga membentuk karya instalasi yang memikat mata.

Kata Serayu sebagai nama warungnya memiliki filosofi, Serayu merupakan salah satu nama sungai yang ada di India yang diambil spiritnya, yaitu hiduplah seperti sungai yang mengalir karena hidup harus dijalani sebagaimana melakoninya.

Bagi kamu yang ingin datang ke spot foto Serayu Pot & Terracotta di sana ada tumpukan dari berbagai ukuran kendi atau gerabah dengan berbagai warna, ada juga yang digantung sedemikian rupa sehingga terlihat menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto. Tempat ini memang kebanyakan didatangi untuk berfoto saja karena memang Instagramable.

Untuk bisa berfoto disana, kamu tidak dipungut biaya sepeser pun dan juga tidak diwajibkan untuk membeli koleksi pot atau gerabah yang ada disana, karena semua itu gratis, namun ingat etika saat memasuki tempat orang lain yakni dengan minta izin kepada yang punya untuk berfoto disana dan juga saat melintas atau jalan-jalan disana harus tetap hati-hati, jangan sampai menyenggol Pot yang ada disana dan sampai pecah.

Nah itulah cerita singkat saya saat melewati lokasi Serayu Pot & Terracotta di Ubud, saya tidak sempat berfoto disana karena saya ke sana sendirian dan tidak ada yang disuruh ambil foto, waktu itu juga lumayan banyak orang yang saya lihat berfoto ria disana. Nah jika ada kesempatan saya akan ajak istri saya ke sana sekedar berfoto saja. 

Belum ada Komentar untuk "Serayu Pot & Terracotta Ubud"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar supaya mudah dimengerti oleh pembaca lainnya, Jangan ada SPAM, Link dan akan di Hapus oleh admin, terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel