Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Booking Hotel dengan Aplikasi OYO

Kapahjumah.com - Halo brosis, kali ini saya akan memberikan sedikit cerita tentang pengalaman saya saat memesan kamar hotel di kawasan Denpasar Timur dengan apliaksi OYO Hotels yang bisa di unduh di Play store.

Pengalaman Booking Hotel dengan Aplikasi OYO

Ini merupakan pertama kalinya saya pesan kamar hotel karena harus pergi ke Denpasar dan menginap semalam kebetulan saya sudah tidak punya kost lagi di Denpasar karena saya udah mudik, jadi untuk tidur semalam saja, saya putuskan untuk cari hotel dalam kota saja.

Bukan tanpa alasan untuk memilih menginap di Hotel, padahal masih ada tempat menginap di rumah sanak saudara yang ada di Denpasar. Namun kali ini alasannya menginap di hotel adalah untun merasakan sensasi tidur di kamar hotel walau hanya semalam. 😀

Selain alasan diatas ada juga alasan lain yakni karena ada promo harga hotel dari 250k permalam menjadi hanya 99k permalam sudah termasuk tax dan service, jadi ada dua alasan kenapa saya memilih untuk tidur di hotel saja.

Selama tinggal di Denpasar dan sering melintas di jalan sebagai drivel Ojol, saya sering melihat hotel-hotel dalam kota ada signboard OYO, jadi saya pikir hotel itu pasti ada dalam aplikasi OYO dan sering saya dengar kalau pesan Hotel lewat aplikasi banyak ada penawaran harga spesial.

Jadi saya pun mulai unduh aplikasi OYO Hotels dan langsung membuat akun dengan akun Google saya, kemudian verifikasi email dan juga no HP dan edit nama profil sesuai ID maka sudah bisa booking kamar hotel dengan aplikasi OYO ini.

Saya pun mulai browsing untuk mencari hotel dalam kota dengan harga spesial, dan saya pun menemukan beberapa penginapan dengan harga spesial dan lokasi tertentu.

Jadi karena supaya lokasi strategis untuk deekat dengan kota denpasar dan juga Batubulan oleh sebab saya pilih hotel di kawasan Gatsu Timur saja.

Baiklah seperti apa pengalaman saya memesan kamar hotel via aplikasi OYO berikut langkah dan cerita saya.

  1. Cari hotel di kawasan yang kamu mau, kamu bisa tambahkan filter pencarian seperti rentang harga dan lainnya.
  2. Pastikan hotel yang kamu cari sudah sesuai dengan harga dan lokasi yang kamu cari.
  3. Jika sudah menemukan hotel yang kamu cari, silakan tap hotel itu, kemudian silakan lengkapi reservasi kamu disana mulai dari Tanggal perjalanan dan tamu. Silakan lengkapi tanggal in dan out juga jumlah tamu dan jika ada anak kecil 0-5 tahum silakan centang.
  4. Setalah itu silakan memilih kategori kamar, untuk kamarnya saya tidak akan banyak jelaskan, saya sendiri karena berdua maka saya pilih jenis kamar yang Deluxe Double kebetulan harganya sama dengan yang standar.
  5. Setelah itu silakan isi nama lengkap, email dan no HP untuk konfirmasi.
  6. Perhatikan juga detail pembayaran, disana akan terlihat harga sebelum penawaran dan ada juga potongan harga, jadi yang kita bayar adalah harga promo sesuai dengan nominal yang terlihat pada harga yg harus do bayar.
  7. Setelah menyelesaikan beberapa hal diatas maka silakan tap pesan sekarang dan bayar di hotel.
  8. Ada baiknya kamu juga harus baca Cancelation Policy, disana pemesanan bisa dibatalkan dan uang kembali jika pemesanan yg sudah di bayar tidak lewat kurang lebih dari 45 menit.
  9. Setelah itu lanjutkan dengan pembayaran, bisa dengan OVO dan juga transfer Bank dan beberapa jenis pembayaran.
  10. Saya pilih membayar lewat transfer Bank ke virftual akun OYO. Karena bagi saya itu yang paling mudah.
  11. Jika pembayaran sudah selesai maka silakan lihat pada bookingan, jika sudah terlihat maka pemesanan sudah berhasil dan saya baca juga tidak perlu melakukan reconfirmasi ke hotel untuk memastikan pesana kamar sudah ada. Cuma ada catatan jika check in lewat dari jam 9 malam maka harus konfirmasi ke hotel.
Nah setelah itu saya mendapatkan sedikit masalah ternyata saya salah pilih hari, harusnya saya masuk tanggal 24 dan out 25 September, namun saya pilih in 23 dan out 24, jadi saya pun mulai panik karena pembayaran sudah dilakukan.

Akhirnya saya cari pesanan saya itu dan saya tap Butuh bantuan yang ada di bawah pesanan itu. Setelah saya tap maka saya di bawa ke ruang chat, chatnya pakai basa inggris. Setelah saya tap Let's go, setelah itu muncul beberapa pilihan seperti, Yes Please dan saya pun pilih itu kemudian ada lagi muncul menu dan saya pilih i wan to modify my booking.

Setelah itu ada lagi muncul beberapa menu dan saya pilih I want to change the Check in / check out date. Setelah itu saya pun bisa mengubah tanggal in/out dan saya pun merasa sedikit lega. Namun apa yang terjadi setelah saya mau lanjutkan ternyata ada tagihan baru yang jumlahnya sebesar diskon tadi yang artinya saya tidak jadi dapat potongan harga dan saya harus bayar sesuai harga aslinya sekitar 250k.

Saya pun jadi bingung, bagaimana ini? kalau ubah mesti bayar lagi, kalau di biarkan uang melayang tanpa dapat tidur dihotel. Lalu saya pun ingat Cancelation Policy dan saya ingat pesanan bisa dibatalkan sebelum pukul 21.00 Wib (kurang lebih satu jam setelah selesai bayar) dan uang 100% dikembalikan.

Saya pun pilih untuk membatalakan dan benar uang akan direfund 100% namun untuk refund perlu proses, harus isi form refund yang membuat saya sedikit bingung, terutama pada bagian Branch Name, ternyatta itu bukan nama bank yanh diisi tetapi kode swift dari Bank itu yang harus diisi. 

Setelah itu form refund pun berhasil di kirim dan harus menunggu uang dikirim entah sampai kapan. Selanjutnya saya memesan ulang kamar hotel sesuai dengan tanggal yang sesuai.

Nah itulah pengalaman saya memesan hotel,membatalkan pesanan dan refund uang dari OYO Hotels, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Booking Hotel dengan Aplikasi OYO"