Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbelanja Online ala Admin Kapah Jumah

Kapahjumah.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan tips tentang cara belanja secara online supaya tidak kena tipu atau merasa dirugikan karena mendapatkan barang yang berbeda dari apa yang terlihat dilapak online.

Hari gini memang banyak sekali ada marketplace tempat berbelanja online seperti yang umum saya tahu ada Lazada, Shopee, JD.Id, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Zalora dan lain-lain masih banyak tempat belanja online baik situs berskala lokal, nasional bahkan internasional seperti alibaba.

Seperti Lazada saat ini, disana ada banyak merchant yang menjual berbagai jenis barang, jadi disini Lazada cuma menyediakan lapak saja bagi mereka yang mau berjualan online, namun untuk pembayaran tetap masuk ke rekening Lazada dengan berbagai macam cara pembayaran.

Saya kadung dari awal sudah sering belanja online di Lazada, jadi agak susah untuk pindah ke tempat lain, soalnya sudah tahu lah cara berbelanja di Lazada. Kadang kalau mau pindah ke tempat lain itu masih bingung. 😀

Kali ini saya akan memberikan tips dan cara berbelanja online supaya tidak kena tipu-tipu, misalnya barang yang di pajang dilapak beda jauh dengan aslinya. Nah seperti apa cara saya berbelaanja secara online terutama di Lazada, silakan simak caranya di bawah ini.

Nah untuk barang bermerk biasanya ada lapak officialnya atau kalau diLazada disebut Flagship Store. Merk-merk ternama sepeperti OPPO, Samsung, Vivo, Xiaomi dll pasti punya official store, jadi jika mencari barang yang punya brand maka langsung saja cari official storenya disana sudah pasti dijual produk asli.

Nah bagaimana kalau beli barang yang tidak ada official storenya, seperti apa caranya?

Pertama adalah barang apa yang akan dibeli, misalnya belanja saya terakhir di Lazada adalah Mic Clip on Taffware Q10. Maka saya akan cari dulu di kolom pencarian untuk mic clip on yang saya cari. Dari hasil pencarian maka akan ada banyak hasil, nah dari hasil itu kita bisa memutuskan untuk memilih/mebeli yang mana.

Pertama lihat baranganya apakah sama dengan barang yang akan di beli, kemudian lihat harganya, lihat lokasi penjual, lihat ongkoa kirimnya dan lihat juga reviewnya, jika menurut kamu bagus sesuai dengan apa yang kamu cari, silakan simpan dulu whistlist.

Setelah itu lihat hasil lainnya dengan cara yang sama, kalau kalau menurut kamu bagus, silakan masukkan ke whistlist lagi, silakan lakukan itu sampai ketemu empat atau lebih untuk jenis barang yang sama.

Jika sudah, silakan lihat whistlist tadi, silakan lihat-lihat lagi satu persatu yang mana yang paling murah jatuhnya mulai dari Harga + ongkirnya, selain itu pilih juga ulasan yang paling banyak dan minimal dengan nilai 4,5 bintang.

Kalau saya pasti pilih dengan ongkir yang lebih murah, seperti saat saya beli Mic Clip  on tersebut, lapak lain dengan lokasi di Jakarta menjual dengan harga Rp 68.000 dan ongkir Rp 25.500 jadi jika saya beli harganya menjadi Rp 93.500. 

Sedangkan dilapak lain dengan barang yang sama persis dan berlokasi di Denpasar menjual dengan harga Rp 69.000 sedangkan ongkirnya hanya Rp 13.000 saja, jika saya beli ini maka saya akan bayar sebesar Rp 82.000, jadi saya bisa hemat lagi Rp11.500 jika dibandingkan saya belanja di lapak yang lokasinya di Jakarta.

Selain lebih murah, hal lain yang juga menguntungkan adalah estimasi pengiriman jadi lebih cepat karena jaraknya lebih dekat, jika dari Jakarta ke Bali bisa sampai 4 hari lebih sedangkan jika dari Denpasar cuma dua hari baraang sudah sampai di tempat saya.

Nah untuk kasus saya ini, meski tidak ada review pada barang yang akan saya beli namun kali ini saya yakin bahwa barang yang saya beli kwalitasnya sama dengan barang yang ada pada lapak di Jakarta itu, maka oleh seba itu saya putuskan untuk membeli yang di Denpasar.

Nah setelah barang sampai, apa yang terlihat dilapak sama persis dengan apa yang saya terima, termasuk isinya juga sama tidak ada bedanya dengan lapak yang ada di Jakarta sana yang saya pakai sebagai pembanding.

Nah itulah tips belanja online ala saya, jika belanja di Lazada dan bisa juga kamu coba untuk marketplace lainnya, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Tips Berbelanja Online ala Admin Kapah Jumah"