Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melindungi Akun Facebook Supaya tidak Mudah Kena Hack

Kapahjumah.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau tutorial tentang cara melindungi akun facebook supaya tidak mudah dibajak atau di Hack. Belakangan ini saya lihat ada beberapa akun teman saya di hack dan tidak bisa dikembalikan lagi karena email atau no Hp untuk login sudah diganti.

Cara Melindungi Akun Facebook Supaya tidak Mudah Kena Hack

Untuk itu kita harus memperketat keamanan akun facebook kita supaya tidak mudah di bajak atau dikuasai oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dengan tujuan yang tidak baik, salah satunya adalah menipu dengan meminta uang atau pulsa lewat messenger.

Saya sendiri juga pernah menerima mesenger dari akun facebook yang sudah di bajak, dia bertanya ada teman yang jual pulsa, dan jika saya kasih tahu kemungkinan dia akan menipu ke teman yang jual pulsa itu. Nah supaya hal ini tidak terjadi di kemudian hari dengan akun Facebook kamu maka mulai sekarang kita harus memperkuat keamanan login akun facebook kita.

Apa yang terjadi jika akun facebook kamu sudah di bajak atau dikendalikan oleh orang lain. Pastinya kamu sudah tidak punya akses lagi ke akun kamu, sedangkan disana ada banyak foto dan juga informasi pribadi seperti tanggal lahir, nomor telpon, alamt email dan lain-lain. Apa lagi itu akun facebook yang sudah lama kamu buat mungkin tahun 2010 kebawah, jadi disana sudah ada banyak foto atau video kamu dan bahkan privasinya publik. Jangan pernah anggap sepele video atau foto kamu yang ada di facebook yang sudah di bajak. Jadi kamu sudah tidak bisa berbuat apa tentang segala yang ada pada akun facebook itu.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk melindungi akun facebook kamu supaya tidak mudah dibajak atau kena hack. Caranya yakni dengan membuat password yang kuat dan susah ditebak selain itu ada cara yang sangat mudah yakni dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor pada akun facebook kamu saat login. Apa itu autentikasi dua faktor? autentikasi dua faktor adalah keamanan dengan cara menambahkan nomor telepon yang masih aktif ke profil facebook kamu. Jika kamu login ke akun facebook kamu maka facebook akan mengirimkan kode 6 digit angka ke nomor yang kamu daftarkan.

Bagaimana cara mengaktifkannya, silakan simak di bawah ini.

  1. Seperti biasa silakan lihat pojok kanan atas ( garis tumpuk tiga) kemudian cari Pengaturan & Privasi  lalu pilih Pengaturan lalu pilih Keamanan dan Login.
  2. Disana juga terlihat pada perangkat apa facebook kamu sedang login, setelah itu silakan pilih Autentikasi dua faktor, silakan pilih Gunakan autentikasi dua-faktor. Nah jika belum aktif maka silakan aktifkan, silakan pilih metode keamanan, pilih Pesan Teks (SMS) dan tambahkan nomor telepon jika belum ada nomor telepon. Tambahkanlah nomor telepon utama kamu.
  3. Setelah itu akan dikirim 6 digit kode untuk menyelesaikan proses penyiapan autentikasi dua-faktor ini, silakan masukkan kode pada kolom yang ada.
  4. Setelah itu autentikasi dua-faktor pun sudah aktif dan akun facebook kamu akan lebih terlindungi dan lebih susah untuk di Hack. Silakan tap Selesai untuk menyimpan pengaturan.
  5. Setelah itu kamu juga bisa pilih Penyiapan keamanan ekstra, pilih menu Dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal.
  6. Setelah itu ada beberapa pilihan, silakan aktifkan semua, mulai dari notifikasi, mesenger dan email. Nah jika sudah diaktifkan maka akan ada pemberitahuan jika ada orang yang mencoba login ke akun facebook kamu dari tempat lain.
Nah setelah menambahkan nomor telepon, ada baiknya kamu juga harus mengatur privasi nomor telepon (Kontak) kamu di facebook, silakan atur supaya tidak ada yang bisa melihat nomor telepon kamu, termasuk email kamu juga, karena orang bisa lebih mudah ngehack jika kedua kontak itu di ketahui. Selain itu tanggal lahir juga sebaiknya di privasi saja, karena lewat tanggal lahir juga orang akan mudah ngehack akun facebook kita.

Cara untuk menyembunyikan nomor telepon, email dan tanggal lahir sangat mudah, silakan lihat profil kamu, cari Edit detail publik, setelah itu cari paling bawah Edit Info Tentang Anda, selanjutnya cari Info Kontak untuk mengubah privasi nomor telepon dan email, silakan pilih edit, kemudian pilih hanya saya (logo gembok). Selanjutnya cari Info umum untuk mengubah privasi tanggal lahir, silakan pilih edit, silakan pilih hanya saya (logo gembok)  untuk tanggal dan tahun. Setelah itu teman kamu tidak akan menerima notifikasi hari ulang tahun kamu di facebook.

Selain itu ketika kamu sudah menambahkan no HP ke akun facebook kamu, jika suatu saat kamu lupa password akun kamu, maka kami bisa reset password akun facebook kamu melalui nomor HP yang telah kamu tambahkan tersebut.

Nah mungkin hanya itu sedikit tips atau tutorail dari saya tentang cara melindungi akun facebook supaya tidak mudah kena Hack, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Melindungi Akun Facebook Supaya tidak Mudah Kena Hack"