Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Spirit of Sobean, Apa Artinya?

Kapahjumah.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau sedikit bercerita tentang kata 'Sobean' kata ini saya lihat di depan bangunan pasar baru Banyuasri, disana ada kalimat tertulis The Spirit of Sobean.


Mungkin banyak yang mengira kalau semua kata itu adalah bahasa Inggris dan cara bacanya pun dengan cara ejaan bahasa Inggris. Namun faktanya adalah kata yang paling belakang itu bukan bahasa Inggris.

Nah bagi kamu yang sering lewat pasar Banyuasri mungkin sudah sering melihat tulisan The Spirit of Sobean ini. Jika kamu penasaran apa arti kata Sobean itu, maka kamu sama dengan saya yang belum tahu arti kata Sobean. Nah seperti yang kutip di salah satu media online yakni wartabalionline.com berikut ini pengertian dari Sobean.



Istilah Sobean, Bupati Suradnyana mengungkapkan ‘Sobean’ merupakan kata yang diperolehnya dari ibu kandungnya dan merupakan bahasa dari desa kelahirannya, Banyuatis Kecamatan Banjar. “Saat kecil dulu, saya tidak pernah menginginkan sesuatu yang ditawarkan ibu saya, sampai mengatakan Sobean Sobean,” ungkapnya.

Jadi, arti dari  kata Sobean adalah yang terbaik. ”Dulu waktu saya kecil, ditawari mangga, saya menolak karena saya berpikir mangga itu masam. Lalu ibu saya mengatakan sobean ne sing masem (manis ini, tidak masem,red)  sehingga artinya yang terbaik, yang baik, top lah pokoknya. Dari situ, saya berkeinginan untuk mencari semua hal terbaik dari Buleleng, melalui konsep ataupun branding Sobean ini,” pungkasnya

Posting Komentar untuk "The Spirit of Sobean, Apa Artinya?"