Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur SSID Indihome untuk Disewakan dan Pemakaian Pribadi Supaya Tidak Repot Ganti Password

Kapahjumah.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang wifi Indihome supaya saat pemakaian pribadi tidak perlu ganti-ganti password, sedangkan jika wifi disewakan maka kita bisa ganti password setiap hari.

Seperti saya pribadi juga memakai langganan Indihome untuk keperluan pribadi, setidaknya ada 6 perangkat yang perlu wifi di rumah yakni HP saya, HP istri, HP bapak, HP ibu dan HP Adik dan Laptop saya juga perlu koneksi internet. Selain itu saat ini juga ada yang sudah memakai Smart TV, jadi dengan cara ini tidak perlu ribet masukin password baru ke TV.

Selain untuk keperluan pribadi, wifi indihome juga saya sewakan jika ada yang mau dan bahkan sudah punya pelanggan tetap yang sudah pasti memakai wifi karena rumahnya dekat-dekat dengan warung.

Selama ini saya selalu repot untuk gonta-ganti password wifi terutama untuk keperluan pribadi terutama ibu saya yang agak gaptek masalah ini dan tiap hari harus digantikan passwordnya supaya bisa konek ke jariangan wifi.

Oleh sebab itu saya mencari cara supaya tidak repot gonta-ganti password untuk keperluan pribadi. Nah saat ini saya punya cara baru untuk masalah ini. Caranya sangat mudah yakni dengan memisahkan SSID jaringan wifi yakni untuk pribadi kita buat /aktifkan SSID yang lain dan untuk di sewakan kita biarkan yang sudah ada.

Seperti yang kita ketahui, satu jaringan Indihome di rumah itu ada empat SSID jadi kita bisa aktifkan dua saja atau lebih tergantung keperluan kita, jadi dengan demikian SSID yang kita pakai pribadi (tidak perlu sering-sering ganti password)  beda dengan SSID yang kita sewakan (sering ganti password).

Nah bagaimana cara mengatur SSID yang ada pada jaringan Indihome ini, caranya sangat mudah, silakan simak caranya di bawah ini, cara ini bisa via browser HP atau Laptop.

Seperti biasa kita masuk ke panel admin wifi https://192.168.1.1 silakan masukkan username dan password. Setelah itu silakan cari menu network kemudian cari SSID Settings. Disana ada terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Nah pada bagian paling atas ada Choose SSID, biasanya SSID1 sudah default dan kita bisa lihat seperti apa pengaturannya, selanjutnya kita pilih SSID2 untuk mengatur keperluan pribadi.
Selanjutnya silkan atur SSID2 ini, silakan centang Enable SSID, silakan atur Maximum Clients (bisa sesuaikan dengan jumlah perangkat yg ada di rumah) Selanjutnya ganti SSID Name, silakan buat nama yang pendek saja, kayak punya saya Family Wifi. Setelah itu pilih submit untuk menyimpan. Setelah itu akan ada dua Wifi yang muncul di pencarian wifi.
Nah setelah selesai mengatur SSID2, sekarang kita pindah ke menu Security, tepat dibawah menu SSID Setting.
Karena kita mau ubah password SSID2, maka kita pilih dulu SSID2, silakan lihat pada WPA Passphrase, centang untuk melihat password, silakan buat passwordnya, setelah itu silakan pilih submit untuk menyimpan perubahan.
Nah sekarang kamu punya dua SSID wifi yang aktif, satu untuk keperluan pribadi (tanpa perlu sering ganti password) dan satu lagi SSID Wifi untuk disewakan (tiap hari ganti password).

Nah itulah cara mudah setting SSID Wifi Indihome untuk keperluan pribadi dan juga disewakan, semoga bermanfaat dan terimakasih.



Posting Komentar untuk "Cara Mengatur SSID Indihome untuk Disewakan dan Pemakaian Pribadi Supaya Tidak Repot Ganti Password"