Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik, Desa ini Namanya Desa Cawet

Kapahjumah.com - Halo brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang salah satu desa yang namanya sangat unik. Sebelumnya saya sempat melihat postingan di sebuah grup facebook SAI yang berkaitan dengan nama desa ini.

Awalnya saya tidak percaya dengan postingan tersebut, namun setelah saya telusuri di Google, ternyata memang ada nama desa ini yakni desa Cawet yang berada di kecamatan kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.Desa ini berjarak 50 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Pemalang dan 10 km dari pusat Kecamatan Watukumpul.
 

Nama Cawet diambil dari kata Cawing Tali yang artinya Cawing adalah penutup/celana sedangkan Tali adalah pengikat/tali. Menurut cerita sejarah, Cawing Tali adalah nama penguasa/lurah pertama Desa Cawet.

Kenapa dinamakan cawet? dikisahkan kurang lebih sekitar tahun 1825, Adipati Pemalang yang bergelar Adipati Reksodiningrat (Kanjeng Pontang) tura/keliling wilayah dan tiba disuatu tempat bertemu dengan sekolompok orang yang sedang bekerja di sawah, kemudian sang adipati bertanya kepada mereka “siapa diantara kalian yang menjadi pemimpin..?” salah satu dari mereka menjawab sambil menunjuk kepada seseorang dan kebetulan orang yang ditunjuk tersebut hanya memakai kain untuk lancingan/cawing sebagai penutup bagian tubuh dengan ikat pinggang menggunakan seutas tali, dengan kejadian tersebut Sang Adipati menunjuk orang tersebut menjadi pemimpin/lurah dgn diberi nama “CAWING TALI “ dan desanya diberi nama “ Desa Cawet “ diambil dari asal kata Cawing dan Tali, (Cawing/lancingan adalah kain yang digunakan untuk menutupi bagian tubuh.

Posting Komentar untuk "Unik, Desa ini Namanya Desa Cawet"