Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hutang Harus dibayar Bukan dilupakan, Karena Hutang Bukan Mantan

Kapahjumah.com - Brosis, pernah gak mengalami dilema ketika kamu butuh uang tetapi saat itu kamu tidak ada uang. Sebenarnya kamu punya uang tetapi dalam bentuk piutang di teman kamu, ketika kamu mau tagih ke teman kamu ternyata banyak sekali alasan yang dia umbar untuk menghindari melunasi hutangnya dan bahkan susah untuk dihubungi, pernah gak mengalami masalah seperti ini? Saya yakin beberapa orang pernah mengalami kejadian seperti ini dan mungkin ada yang berakhir baik ada juga yang berakhir tragis artinya uang yang dipinjamkan tak pernah kembali.



Awal terjadinya transaksi mungkin pinjam meminjam mungkin berjalan lancar karena yang minjam adalah teman mungkin akan saling percaya saja tanpa banyak kesepakatan, kemungkinan hanya jangka waktu peminjaman yang disepakati dan itu pun tidak tertulis hanya secara lisan saja. Jika semua berjalan lancar maka tidak ada masalah misalnya janji pengembalian tepat waktu bahkan lebih dari yang dipinjamkan sebagai bentuk terima kasih, nah bagaimana jika bermasalah, uang yang dipinjamkan tidak ada kabar beritanya dan yang minjam susah sekali di hubungi?

Memang sudah biasa kalau pinjam meminjam itu kadang tidak selalu mulus, ada saja beberapa yang bermasalah. Awalnya kita sudah dengan maksud baik meminjamkan uang tanpa beban apa pun begitu juga yang meminjam dengan santai menerima pinjaman uang. Nah ketika akan jatuh tempo makan kita sama sama canggung, yang minjam malu ketemu yang meminjamkan atau yang meminjamkan juga merasa susah sekali untuk menagih padahal lagi butuh uang. Di saat seperti itu sungguh menjadi dilema apakah memberi waktu lagi untuk melunasi utangnya atau ditagih secara paksa.

Kadang hati ini tidak tega melakukan itu meski pun sudah dirugikan dan akhirnya memberikan waktu lebih untuk melunasi hutangnya. Mungkin jika sesama teman baik sie mungkin masih saling mengerti akan keadaan masing-masing, yang jadi masalah biasanya orang yang datang saat butuh saja ketika perlu sesuatu baru dia nongol ketika kita butuh dia seolah hilang ditelan bumi, biasanya pinjam meminjam yang seperti ini yang sering bermasalah, kalau hutangnya sedikit mungkin tidak begitu masalah nah bagaimana kalau hutangnya sampai jutaan rupiah?

Nah jika kamu mengalami masalah yang susah untuk menagih hutang ke teman maka berikut beberapa tips yang mungkin kamu bisa coba saat menagih hutang ke teman :
  1. Pertama peringatkan dia dengan baik-baik kalau dia punya hutang dan berjanji untuk melunasinya jika hutangnya sudah jatuh tempo, baiknya peringatkan secara personal misalnya dengan mengirim sms atau pesan bentuk lain, dan bilang juga kalau kamu lagi butuh uang.
  2. Jika yang pertama tidak berhasil, maka bisa dilakukan dengan menulis sindiran di media sosial jika kamu berteman di media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, WA dan lain lain, tulislah statusmu misalnya dengan menulis "wah besok harus bayar kos-kosan, duit mana duit mana?"
  3. Minta bantuan ke orang terdekatnya, misalnya minta tolong ke pacarnya atau teman satu kosnya supaya lebih banyak yang mengingatkan.
  4. Tagihlah utang pada saat dia punya uang, misalnya saat dia gajian, nah dengan demikian dia tidak bisa mengelak bilang kalau dia tidak punya uang.
  5. Sebaiknya nagih utangnya secara personal artinya jangan menanyakan kapan akan bayar hutang di tempat umum atau sedang berkumpul dengan teman lainnya jaga juga perasaan dia.
  6. Jika cara diatas tidak berhasil maka bisa kamu hubungi keluarga dia bilang ke keluarganya kalau dia punya utang banyak.
Kadang yang ngutang suka sengaja tidak memberikan kabar kalau kita tidak chat duluan, bahkan berbulan-bulan juga kalau tidak di chat dia tidak akan menghubungi duluan. Kalau tidak dichat mungkin dia kira hutangnya sudah lunas. Jika ada orang yang ngutang seperti itu maka seperti kata Kak Onyot satu kata untuk dia yakni Korslet....

Sudahlah ini bukan curhatan saya tapi ini mungkin curhatan teman saya di twitter yang lagi mengalami masalah ini, jika ada yang mengalami masalah seperti ini semoga masalahnya cepat kelar, mungkin bisa coba tips di atas, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Hutang Harus dibayar Bukan dilupakan, Karena Hutang Bukan Mantan"