Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Pembobol WIFI Indihome dan Cara Mencegahnya

Kapahjumah.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi kamu yang punya jaringan internet / wifi Indihome dirumahnya baik untuk keperluan pribadi atau pun untuk disewakan. Tips kali ini adalah tentang cara mengetahui pembobol / penyusup / mencuri jaringan internet di jaringan wifi Indihome kita.

Cara Mengetahui Pembobol WIFI Indihome dan Cara Mencegahnya


Saya sendiri juga memasang Indihome di rumah tujuan utamanya untuk dipakai pribadi oleh orang-orang rumah seperti untuk HP bapak, adik, ibu, istri saya dan juga HP dan laptop saya. Nah berhubung dirumah ada warung maka Wifi ini juga disewakan untuk orang yang mau pakai jaringan wifi di rumah namun untuk SSIDnya saya pisahkan untuk yang pribadi dan juga sewa, silakan baca tulisan saya dengan judul Cara membagi Wifi Indihome untuk Pribadi dan disewakan.

Nah untuk mencegah orang jahat yang mencuri jaringan Indihome kita maka kita perlu install aplikasi di HP kita untuk mengetahui siapa saja yang memakai jariangan Wifi kita, nanti disana bisa terlihat IP Address dari yang memakai jaringan wifi kita. Nama aplikasinya adalah Fing, silakan unduh dulu aplikasinya di Play Store.

Setelah di unduh, silakan langsung buka, namun sebelum lanjut, pastikan HP yang dipakai sudah tersambung dengan Wifi. Setelah itu silakan pilih berikutnya, setelah itu silakan pilih Mungkin Nanti, setelah itu silakan pilih Saya akan.

Setelah itu paling atas akan muncul Nama jaringan Wifi kamu, silakan pilih Pindai perangkat, nanti akan terlihat IP Address perangkat nah dari sana kita lihat untuk mengetahui siapa saja yang tersambung dengan jaringan Wifi kamu.

Misalkan jaringan cuma dipakai oleh keluarga saja, maka silakan cek IP Address dari HP yang terhubung, kemudian cocokkan dengan di aplikasi Fing, jika sudah ketemu, silakan tap IP Address di Fing, kemudian silakan lihat pojok kanan atas, silakan pilih Sunting.

Setelah itu silakan masukkan nama pemilik perangkat untuk dikenali oleh jaringan. Nah jika sudah diberi nama maka jika kemudian dia online lagi maka akan langsung terlihat namanya. Nah jika semua pengguna sudah didata dan ada namanya, jika ada IP address yang tidak ada namanya maka bisa dipastikan itu penyusup. Jika kemudian hari ada penyusup yang ketahuan, maka silakan blok saja IP Addressnya supaya tidak bisa lagi masuk ke jariangan Wifi kita.

Selain dengan cara di atas, maka kita juga bisa mencegah penyusup masuk ke jaringan Wifi kita dengan cara membatasi jumlah perangkat yang bisa tersambung. Misalnya dirumah ada empat perangkat yang selalu tersambung, maka jumlah maximum client pada SSID harus diubah menjadi 4 saja, jadi perangkat lain tidak bisa masuk.

Nah itulah tips kali ini tentang cara mengetahui pembobol jaringan Wifi kita dan cara mencegahnya, semoga bermanfaat dan terimakasih. Bagi kamu yang tidak bisa setting semua itu, silakan hubungi saya di kolom Kontak, harga bersahabat.


Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Pembobol WIFI Indihome dan Cara Mencegahnya"